Manusia Akan Temukan Alien 20 Tahun Lagi, Benarkah?

|

Manusia Akan Temukan Alien

Tahu kah Anda bila galaksi Bimasakti kita sejatinya ditinggali ratusan juta tata surya? NASA percaya bila alien terdapat di antara jutaan 'dunia' baru itu.

Seperti yang diberitakan oleh Daily Mail (15/07), salah satu petinggi NASA, Charles Bolden, mengungkapkan bila manusia bisa menemukan kehidupan lain di galaksi Bimasakti sekitar 20 tahun lagi.

Untuk mencapai tujuan itu, NASA saat ini menggunakan teleskop-teleskop luar angkasanya seperti teleskop Huble, Spitzer, dan Kepler. Ketiga teleskop tersebut mampu digunakan untuk mengamati air di planet-planet luar tata surya kita. Keberadaan air masih dianggap menjadi tanda utama adanya kehidupan di planet tersebut.

Sebagai contoh, teleskop Kepler dalam lima tahun saja sudah mampu dipakai untuk menemukan lebih dari 5000 planet baru di luar tata surya kita (exoplanet), dan 1700 di antaranya telah dipastikan keberadaannya.

Selain menggunakan ketiga teleskop itu, NASA juga menjadwalkan peluncuran satelit khusus untuk memantau exoplanet yang tengah melintas pada tahun 2017, teleskop luar angkasa James Webb di tahun 2018, serta merancang sebuah teleskop inframerah terbaru.

Teknologi yang ditanamkan pada alat-alat antariksa milik NASA juga terus dikembangkan agar mampu memberikan gambar yang lebih baik untuk planet-planet yang dianggap sebagai kembaran bumi. Oled sebab itu, NASA cukup yakin bila 20 tahun lagi mereka bisa mengonfirmasi keberadaan kehidupan di luar tata surya kita.

LIHAT YANG LAINNYA