Lima Jenis Sakit Kepala

|

Jenis Sakit Kepala

Sakit kepala ternyata banyak jenisnya. Hal ini penting untuk diketahui karena hal ini juga berhubungan dengan obat yang harus diminum untuk pengobatannya. Seperti yang dikutip dari Health.com, berikut adalah beberapa diantaranya

5 jenis sakit kepala


1. Sakit kepala tension


Sakit kepala ini adalah jenis sakit kepala yang biasa terjadi. Rasa sakitnya akan terasa di daerah pelipis dan belakang kepala hingga bawah leher. Sakit kepala ini disebabkan oleh otot syaraf yang tegang di bagian kepala. Namun tenang saja, sakit kepala ini tidak menyebabkan mual atau muntah. Untuk mengatasinya, bisa dengan obat umum seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen.

2. Sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala ini lebih sering menyerang laki-laki. Datangnya bisa secara tiba-tiba, ditandai dengan pening, sakit kepala sebelah, dan mata serta hidung berair atau tersumbat. Hal ini bisa diatasi dengan berbaring agar merasa nyaman.

3. Sakit kepala sinus

Sakit kepala ini muncul akibat adanya gangguan infeksi pada sinus sehingga menimbulkan rasa sakit hingga ke kepala. Gejalanya diikuti dengan demam. Sakit kepala jenis ini bisa diobati dengan antibiotik untuk mematikan bakteri seperti antihistamin dan decongestan.

4. Sakit kepala rebound

Jika terlalu banyak menggunakan obat pereda sakit kepala, maka akan muncul sakit kepala rebound. Hal ini dikarenakan dengan syaraf otak yang menjadi rentan terhadap tekanan karena terlalu banyak mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat yang harus diminum adalah aspirin, acetaminophen, dan ibuprofen.

5. Migrain

Meski hanya setengah kepala yang terasa sakit, namun nyeri yang ditimbulkan bisa 2 kali lipat dari sakit kepala biasa. Biasanya migrain juga bisa mengganggu aktivitas karena menyebabkan mual hingga muntah. Segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat yang cocok untuk migrain.

LIHAT YANG LAINNYA