Perubahan Website Facebook selama 10 Tahun

|

Perubahan Website Facebook selama 10 Tahun - Facebook dibuat tahun 2004 di sebuah kamar kecil yang ada di Harvard, yang sebelumnya bernama thefacebook.com. awalnya facebook hanya di buat untuk mahasiswa yang ada di Harvard , tapi facebook berkembang sampai universitas amerika lainnya, dan dalam waktu 6 bulan sudah ada 1 juta pengguna dilansir dari IT jurnal.

Saat ini tahun 2014 , facebook menjadi sosial media paling terkenal dengan 1.2 milyar pengguna dan masih bertambah lagi. Seiring perkembangannya facebook merubah beberapa tampilan agar mudah di gunakan oleh user.

Perubahan Website Facebook selama 10 Tahun terakhir

Facebook 2004 - 2005





Seperti yang saya sebutkan barusan, Facebook hanya terbatas untuk beberapa universitas karena itu tidak begitu banyak fitur yang tersedia. Orang-orang menggunakan thefacebook.com hanya untuk berdiskusi dan saling mengenal satu sama lain dengan cara add orang lain sebagai teman dan berbalas pesan. facebook terlihat seperti gambar diatas pertama kali online. Lalu setelah ada investor yaitu Peter Thiel , dengan jumlah uang investasi sebesar 500,000 USD. Facebook mengganti domainnya menjadi www.facebook.com seharga 200,000 USD hanya untuk menghilangkan kata "the" agar terdengar lebih baik. lalu tahun 2005 facebook baru menambahkan fitur upload foto dan tag ke orang lain.

Facebook 2006 - 2007





Tahun 2006, Facebook memperkenalkan fitur berita terbaru yang menampilkan status dari teman si pengguna. pada akhir tahun 2006 , facebook memberikan aturan bahwa yang mendaftar hanya boleh orang yang berumur 13 tahun dan memiliki alamat email yang valid.

Facebook 2007 - 2008





di 2007, facebook menambahkan fitur untuk upload foto dari perangkan mobile, menulis status dan mengakses facebook versi mobile. lalu bulan Juni 2007, pengguna dapat upload video buatan sendiri. akhir tahun 2007 facebook meluncurkan Fanpage yang dapat di gunakan sebagai media promosi perusahaan atau barang.

Facebook 2008 - 2009





Pada April 2008, Facebook memperkenalkan wall dimana mengijinkan pengguna untuk menulis pesan dan cerita atau apapun di wall temannya.

Facebook 2009 - 2010





Facebook mulai memperkanalkan fitur "Like". sekarang user dapat like update status, link yang di bagikan dan juga fanpage. selain itu juga user sekarang dapat membuat event dan mengundang teman untuk datang ke event tersebut.

Facebook 2010 - 2011





Facebook benar-benar mendesain ulang profile di tahun 2010. terdapat baris di atas yang berisi foto yang di tag oleh orang lain. juga ada fitur like untuk komen yang di berikan. user dapat saling like komen yang di tulis.

Facebook 2011 - 2012





Di pertengahan 2011 , facebook chat di perbarui. dengan menambah fitur video calling tanpa harus menginstall software baru. lebih lagi, orang sekarang dapat subscribe post orang lain. Akhir tahun 2012 facebook memperkenalkan Timeline, yang benar-benar mengubah semua tampilan profile dari yang sebelumnya. sekarang setiap orang memiliki cover dan profile foto.

Facebook 2012 - 2013





Tahun 2012 , facebook sudah memiliki 1 milyar lebih pengguna aktif. pengguna dapat melacak post berdasarkan tanggal pembuatan akun. facebook juga membeli Instagram, sebuah sosial media khusus berbagi photo, dengan harga 1 milyar USD. lalu di akhir tahun 2013 facebook memperkanalkan Hahstag yang dapt di tulis di status.

Facebook 2014





Awal tahun 2014 , facebook membuat aplikasi bernama paper. Aplikasi tersebut hanya tersedia untuk perangkat berbasis IOS. Lalu pada tanggal 4 Februari facebook merayakan 10 tahun berdirinya facebook dengan membuat fitur Look Back page. Facebook membuat video tentang apa saja hal penting atau moment istimewa pengguna di facebook.

Facebook mengalami banyak perubahan setiap tahunnya dan terus mencoba menyesuaikan dengan kebiasaan orang-orang. Saat ini menjadi sosial media paling dominan di dunia.

LIHAT YANG LAINNYA