5 Aplikasi Yang Dapat Melacak Laptop Hilang Atau Dicuri

|

Aplikasi Yang Dapat Melacak Laptop

Laptop atau Notebook yang kita gunakan memiliki banyak file penting di dalamnya. Biasanya berisikan data-data pribadi yang sangat berharga, seperti file kantor dan lain sebagainya.

Salah satu hal buruk, bila tiba-tiba Laptop atau Notebook kamu dicolong oleh orang yang tidak dikenal. Dan parahnya, kamu tidak menyimpan data-data penting di-storage lain. Hal tersebut pastinya akan membuat kamu merasa cemas dan bingung harus berbuat apa. Berikut adalah 5 aplikasi yang dapat membantu kamu untuk melacak Laptop atau Notebook yang telah dicolong

1. Prey

Aplikasi pelacak Laptop atau Notebook bernama Prey ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux dan lainnya. Prey dapat kamu peroleh secara gratis, tetapi hanya untuk 3 perangkat atau fitur utama saja. Untuk perangkat lainya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 65.000 per bulannya.

Aplikasi ini menyediakan tool yang diperlukan untuk membantu kamu menemukan Laptop atau Notebook dengan mudah melalui kontrol panel pada website. Dengan demikian, kamu dapat melihat lokasi Laptop atau Notebook kamu dengan jelas. kamu juga dapat mengunci dan mencegah akses sang pencolong ke Laptop atau Notebook.

Prey juga dapat membantu kamu untuk mengambil gambar candid dari orang yang dicolong Laptop atau Notebook dan dapat melihat suasana sekitar pada layar Laptop atau Notebook kamu.


2. Find My Mac

Untuk pengguna produk Laptop atau Notebook dari Apple, aplikasi ini dapat dikamukan. Walaupun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan Prey, aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik apalagi dapat diperoleh secara gratis.

Untuk mengaktifikan Find to Mac, kamu cukup pilih menu ‘System Preference’, kemudian iCloud dan centang kotak pada keterangan Find My Mac. Aplikasi ini adalah layanan gratis yang memungkinkan kamu untuk melacak perangkat yang hilang menggunakan iCloud.

Selain itu aplikasi ini juga dapat mengunci Laptop atau Notebook kamu menggunakan kata sandi, sehingga tidak ada orang yang dapat mengaksesnya kecuali orang tersebut mengetahui kata sandi yang telah kamu buat. Find My Mac bahkan dapat digunakan untuk perangkat Apple lainnya.



3. LockItTight

Kelebihan aplikasi Lockittight adalah dapat memata-matai orang yang dicolong Laptop atau Notebook kamu. Dengan demikian, kamu bisa menemukan lokasi oraag yang dicolong Laptop atau Notebook dengan mudah.

kamu juga dapat men-screen capture semua kegiatan si pencolong dengan menggunakan webcam yang tertanam di Laptop atau Notebook dan kamu dapat melihat situs website yang dibuka.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan bagi kamu yang menggunakan Laptop atau Notebook berbasis Windows. Untuk versi gratisnya hanya tersedia lima fitur. Bila kamu ingin mendapatkan lebih dari itu, kamu harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 26 ribu per bulan.

4. Lojack For Laptop atau Notebook

Lojack merupakan salah satu aplikasi kamu untuk melacak dan mencari mobil yang di colong. Kini Lojack memperluas layanan untuk Laptop atau Notebook, smartphone, dan tablet. Bila Laptop atau Notebook kamu memiliki banyak file penting, kamu dapat mempertimbangkan untuk memasang aplikasi ini pada Laptop atau Notebook.

Setelah kamu mengisntal Lojack, perangkat lunak akan terkunci di BIOS yang kompatibel, seperti Windows dan Mac OS X. Aplikasi ini juga dapat menjaga file-file kamu dengan aman, sekalipun orang yang dicolong Laptop atau Notebook ingin menghapus semua data di drive.

Selain dapat mengunci dan melacak Laptop atau Notebook, Lojack juga akan mengirimkan tim penyidik untuk mengambil Laptop atau Notebook kamu. Jika Lojack tidak dapat menemukan Laptop atau Notebook kamu dalam 60 hari ke depan, mereka akan membayar ganti rugi hingga US$ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta.

Bagi yang berminat berlangganan aplikasi ini, kamu diwajibkan membayar biaya langganan sekitar Rp 198 ribu per tahun.

5. Undercover

Undercover merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk Mac. Aplikasi ini mirip dengan Find My Mac, tetapi bedanya aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan untuk keamanan Laptop atau Notebook. Namun sayangnya, Undercover tidak gratis.

kamu wajib merogoh kocek mulai dari US$ 49 atau sekitar Rp 637 ribu . Undercover memiliki fitur yang dapat melihat kegiatan si pencolong Laptop atau Notebook kamu secara real-time.

LIHAT YANG LAINNYA