Ditemukan Planet Mirip Bumi Bernama Kepler-452b

|

Planet Mirip Bumi

NASA Kepler Mission telah menemukan Planet Mirip Bumi tetapi mempunyai ukuran 60 persen lebih besar dari Bumi Sementara massa dan komposisinya belum diketahui. Bumi baru ini mengorbit di zona habitasi bintang yang sangat mirip dengan matahari kita.

Planet Mirip Bumi Bernama Kepler-452b


Terletak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cygnus planet itu berada dalam sistem Kepler-452. Para peneliti percaya bahwa ada kemungkinan menjadi dunia berbatu. Bintang induk Kepler-452b berbentuk sama "G" jenis seperti matahari kita

Planet ini berusia 6 miliar tahun atau 1,5 miliar tahun umur orbit lebih tua dari Matahari dan 10 persen lebih besar juga 20 persen lebih terang.

Yang paling menarik dalam temuan Kepler-452b adalah adanya bintang yang sangat mirip dengan matahari. Waktu yang dibutuhkan Kepler-452b untuk mengorbit bintangnya (waktu 1 tahun) adalah 385 hari. Jumlah itu tidak berbeda jauh dengan waktu 1 tahun di bumi yang berisi 365 hari.

Jarak Kepler-452b ke bintangnya lebih jauh 5 persen daripada jarak bumi ke matahari. Namun, sumber cahaya di sana lebih terang sehingga planet tersebut mendapat jumlah energi yang sama seperti yang diterima dunia yang ditinggali manusia. ’’Sinar matahari yang diterima Kepler-452b mirip dengan yang didapatkan bumi,’’ kata Jenkins.

Dari kejauhan, suhu permukaan Kepler-452b juga tampak cocok untuk air, satu unsur yang diyakini terpenting untuk adanya tanda kehidupan. Berdasar ukurannya, para ilmuwan yakin Kepler-452b berbatu seperti bumi, meski teori itu didasarkan pada analisis statistik dan pemodelan komputer, bukan bukti langsung.

Misi Kepler diluncurkan pada tahun 2009, telah mengidentifikasi 4.696 kandidat planet layak huni, seribu yang telah dikonfirmasi sebagai planet. Sumber: jpnn.com

LIHAT YANG LAINNYA