Teori & Karakteristik Generasi Baby Boomers X Y Z

|



Pengenlihat.com - Ketika kita berada di dalam suatu lingkungan kerja, sudah dipastikan kita akan jumpa dengan yng namanya karyawan senior atau junior dengan masa lahir di tahun berbeda. Nah sobat pengenlihat rupanya perbedaan tahun lahir ini sedang banyak di bahas saat ini sebagai teori yng dikenal (Generation Theory).

Teori ini untuk mengkritisi karakteristik pekerja generasi Y. Siapa sih generasi Y? Generasi Y adalah kamu-kamu yang dilahirkan pada tahun 1990-an nah jika dibandingkan menurut etos kerja, apakah Generasi Y lebih baik dari generasi sebelumnya? ok kita bahas dan lihat satu-per satu teori dari Karakteristik Generasi Baby Boomers X Y Z agar bisa tahu perbedaannya.

1. Generasi Baby Boomers

Generasi ini lahir pada tahun 1940-an hingga awal 1960-an. Saat ini, generasi ini mungkin telah memiliki jabatan paling tinggi di suatu perusahaan atau mungkin sebagian lainnya telah pensiun. Generasi Baby Boomers merupakan generasi pekerja keras dan paling getol mengejar karier mereka karena mereka hidup di masa ekonomi paling sulit setelah Perang Dunia ke-2. Generasi Baby Boomers biasanya memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi, oleh sebab itu etos kerja generasi baby boomers patut kalian teladani.

Tokoh Internasional yang lahir pada Generasi ini adalah: Steve Jobs, Bill Gates, Bill Clinton, Elton John, Donald Trump, Pierce Brosnan, Liam Neeson

2. Generasi X

Generasi ini lahir pada tahun 1960-an hingga akhir 1970-an. Saat ini sebagian dari mereka masih aktif bekerja atau bahkan generasi ini seusia dengan orang tua kalian. Generasi X merupakan tipe pekerja yang independen, skeptis, dan menghargai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Generasi X pada umumnya mudah beradaptasi, fleksibel, dan problem solver yang baik. Kamu mungkin harus belajar beradaptasi di lingkungan yang berbeda pada generasi ini.

Tokoh internasional yang lahir pada generasi ini antara lain: Jennifer Lopez, Adam Sandler, Jay Z, Matt Damon, Victoria Beckham, David Cameron.


3. Generasi Y

Bagi kamu yang ngaku-ngaku anak 90-an, generasi Y ini adalah generasimu. Orang-orang yang lahir pada tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an termasuk dalam generasi ini. Generasi ini kadang disebut juga sebagai generasi milenial dan jumlahnya cukup signifikan di tempat kerja. Generasi ini adalah generasi kreatif, berpendidikan tinggi, dan fasih teknologi karena bertumbuh seiring perkembangan teknologi. Pola kerja generasi Y pada umumnya lebih efisien, mereka juga memiliki jiwa wirausaha tinggi, serta tidak ragu untuk keluar dari pekerjaan demi membangun mimpinya. Oleh sebab itu, generasi Y seringkali digadang-gadang untuk menjadi kelompok yang paling berkontribusi di masa mendatang. Nah, sudah siapkah kamu menjadi pemimpin masa depan?

Tokoh internasional yang lahir pada generasi adalah: Jake Gyllenhaal, Beyonce Knowles, Britney Spears, Emma Watson, Kate Middleton, Ed Sheeran, Kim Kardashian.

4. Generation Z

Generasi ini merupakan generasi paling muda di tempat kerja, generasi Z lahir setelah pertengahan 1990-an hingga awal 2000-an. Generasi ini biasanya adalah anak-anak dari orang-orang generasi X atau Y. Generasi ini diprediksikan akan memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik karena lahir di masa perkembangan teknologi yang sangat pesat. Generasi Z juga akan menghadapi persaingan kerja yang jauh lebih ketat daripada generasi-generasi sebelumnya. Pada umumnya, anak-anak generasi Z lebih tertarik untuk menjadi pionir lewat wirausaha, tidak ragu belajar dan bekerja keras, dan mampu melakukan multi-tasking dengan sangat baik saat bekerja.

Tokoh internasional yang lahir pada generasi ini antara lain: Shiloh Jolie-Pitt, Suri Cruise, Brooklyn Beckham, dan Apple Martin.

LIHAT YANG LAINNYA