Gerhana Bulan Parsial Pada 7-8 Agustus

|

Gerhana Bulan parsial atau sebagian akan menghiasi langit Indonesia. Pemandangan langit yang langka ini bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Bagi masyarakat yang bermukim di wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, gerhana bisa disaksikan mulai pukul 00.23 hingga 02.18 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada 7-8 Agustus 2017 dapat dilihat di Sumatera Barat (Sumbar). "Masyarakat dapat melihat fenomena tersebut dengan mata telanjang yang diperkirakan akan mulai pukul 22.48 WIB," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji, saat dikonfirmasi dari Padang, Senin (7/8/2017)

Gerhana Bulan Parsial

Sementara bagi yang tinggal di zona waktu bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, gerhana akan dimulai pukul 01.23 hingga 03.18 Wita. Lalu, bagi masyarakat yang bermukim di kawasan paling timur Indonesia seperti Papua dan Maluku, kejadian langka ini akan dijadwalkan mulai pukul 02.23 hingga 04.18 WIT.

Ia menjelaskan gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan. sumber

LIHAT YANG LAINNYA